header-int

Jemput Bola IMB Rumah Tinggal

Minggu, 26 Mei 2019, 05:04:57 WIB - 46 View
Share
Jemput Bola IMB Rumah Tinggal

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kubu Raya, Lugito mengimbau masyarakat Kubu Raya untuk pro aktif membantu suksesnya layanan jemput bola untuk  perizinan IMB penertiban rumah tinggal.

“Sepanjang tahun 2017 ini, kami juga tengah menggencarkan layanan jemput bola untuk perizinan IMB penertiban rumah tinggal,” kata Lugito kepada Pontianak Post kepada Pontianak Post, Kamis (21/12).

Melalui layanan jemput bola tersebut, kata Lugito akan memudahkan masyarakat untuk melakukan pengurusan izin IMB bagi rumah tinggal. Menurutnya banyak manfaat yang didapat dengan mengurus perizinan IMB rumah tinggal, misalnya memiliki kepastian hukum, bagi warga yang ingin membangun usaha, maka perizinan yang diperoleh bisa dipakai untuk jaminan ke perbankan. “Manfaatnya juga dirasakan pemerintah daerah. Karena Pemda bisa ada keteraturan dan pemasukan retribusi  dari setiap rumah tinggal yang telah mengurus perizinan IMB,” ucapnya.

Untuk menyuskseskan layanan perizinan jemput bola tersebut, DPMPTSP Kubu Raya mendatangi sejumlah titik yang telah ditentukan sepertidi Kecamatan Sungai Raya, Sungai Ambawang, Sungai Kakap dan Rasau Jaya.

Usai memberikan sosialisasi dibeberapa titik tersebut, pegawai DPMPTSP bersama pegawai Dinas PUPR memberikan formulir permohonan izin bagi warga. Setelah formulir tersebut diisi, tim dari PUPR kemudian akan melakukan verifikasi terhadap bangunan rumah tinggal, mulai dari pengukuran, gambar dan sejenisnya. “Usai serangkaian tahap verifikasi yang dilakukan, dan si pemohon membayar retribusi, selanjutnya kami akan kembali mendatangi lokasi rumah tinggal tersebut unduk melakukan cetak perizinan di lokasi tempat warga yang telah mengajukan perizinan IMB tersebut dan biasanya kami pusatkan di setiap kantor camat,” paparnya.

Melihat cukup besarnya potensi pendapatan daerah dari pengurusan perizinan IMB rumah tinggal, Lugito mengatakan, upaya jemput bola yang saat ini telah dilakukan pihaknya akan kembali digencarkan pada tahun 2018.

“Karena cukup banyak manfaat yang didapat dari kepengurusan izin IMB rumah tinggal ini, jadi saya harap masyarakat juga bisa berperan aktif menyukseskan upaya layanan jemput bola yang kami lakukan ini,” harapnya.

Secara terpisah, Anggota DPRD Kubu Raya, Hamdan mengakui jika beberapa waktu belakangan layanan perizinan di DPMPTSP Kubu Raya sudah lebih baik. Meski begitu dia berharap pihak DPMPTSP tidak berpuas diri, lantaran masih banyak keluhan masyarakat yang harus diatasi terkait dengan perizinan.

“Saya harap ke depan DPMPTSP bisa terus melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan yang diberikan, mulai dari peningkatan sistem, kecepatan urusan prosedur yang masih dirasakan masih lamban,” jelasnya.

Dia juga berharap agar DPMPTSP bisa meningkatkan kaulitas sumber daya manusia yang dimiliki sehingga ke depan ada rasa tanggungjawab yang lebih baik dimiliki petugas untuk melaksanakan pekerjaannya.

“Saya berharap pihak eksekutif bisa lebih sering melakukan cross cek di lapangan dan mengadakan evaluasi rutin terkait kinerja program pelayanan satu pintu ini. Sehingga ke depan manfaatnya optimal dirasakan masyarakat dan realiasasi layanan publik yang diberikan bisa lebih maksimal dilakukan,” pungkasnya.

Unidha Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintahan Daerah di bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Tugas Pokoknya membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah di bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan tugas pembantuan.
© 2019 DPMPTSP Kab. Kubu Raya Follow DPMPTSP KKR : Facebook Twitter Linked Youtube