FGD KBLI

FGD ( Focus Group Discussion ) Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia ( KBLI ) dilaksanakan pada tanggal 19 November 2019 di Ruang  Tengkawang II  Hotel Gardenia ( JL. Supadio Kecamatan Limbung Kabupaten Kubu Raya) dibuka oleh bapak Bupati yang diwakilkan oleh Asisten I disampaikan bahwa DPMPTSP selaku penyelenggara pelayanan perijinan dapat memfasilitasi notaris-notaris selaku perpanjangan tangan dari pengusaha / investor dalam mempermudah administrasi perijinan usaha secara legal dan teratur. Beliau berharap dengan FGD Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia ( KBLI ) dapat dijadikan media pembelajaran agar lebih teratur dan rapi administrasi terlebih lagi saat ini media elektronik dan telekomunikasi yang pesat berkembang sehingga memaksa penyelenggara pelayanan perijinan untuk mengadopsi system layanan Online ( seperti OSS, SIMBG, SIMYANDU dan lain-lain). Dengan terselenggaranya pelayanan perijinan yang baik beliau  berharap mempercepat mencapaian visi menjadikan Kubu Raya menjadi Kabupaten yang Berbahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkwalitas dan Religius. 

Materi FGD disampaikan oleh Ibu lutfi Sehat Utami, S.ST dari Badan Statuistik Kabupaten Kubu Raya.  Beliau menjelaskan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha ( KBLI) adalah klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengklasifikasikan aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha/bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk/output baik berupa barang maupun jasa 

KBLI digunakan untuk menyediakan arus informasi berkelanjutan, yang mutlak diperlukan dalam melakukan monitoring dan evaluasi dari pencapaian/ pelaksanaan perekonomian pada kurun waktu tertentu, misalnya dalam penyusunan PDB/PDRB. Menyediakan suatu sistem pengklasifikasian kegiatan ekonomi/lapangan usaha yang dapat digunakan untuk mempelajari perilaku satuan-satuan ekonomi.

  • Menyajikan data statistik dengan lengkap dan terstruktur.
  • Membuat perbandingan antara data pada tingkat nasional dengan negara-negara lain.
  • Mengkomunikasikan informasi dengan institusi-institusi di dalam negeri maupun di luar negeri.
  • Sebagai dasar penentuan kualifikasi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Sebagai dasar penentuan kualifikasi Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  • Sebagai dasar penentuan kualifikasi perijinan investasi/ penanaman modal.

KBLI terdiri dari struktur pengklasifikasian kegiatan ekonomi yang konsisten dan saling berhubungan, didasarkan pada konsep, definisi, prinsip, dan tatacara pengklasifikasian yang telah disepakati secara internasional.

KBLI menyediakan kerangka kerja yang komprehensif, di mana data ekonomi dapat dikumpulkan dan disajikan dalam format yang didesain untuk tujuan pengumpulan data, pengolahan, diseminasi dan analisis, serta perencanaan dan evaluasi kebijakan.

Dasar penyusunan KBLI adalah International Standard Industrial Classification of All Economic Activities (ISIC), sampai 4 digit, disesuaikan dengan ASEAN Common Industrial Classification (ACIC) dan East Asia Manufacturing Statistics (EAMS), serta dikembangkan rinci sampai 5 digit untuk kegiatan ekonomi yang khas Indonesia.

KBLI diatur dalam Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas peraturan kepalan BPS Nomor 94 Tahun 2015 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Adapun Pengklasifikasian yang diatur diatas sebagai Berikut:

NOJENIS KLASIFIKASIJENIS USAHA YANG DIATUR
1APertanian, Kehutanan dan Perikanan
2BPertambangan dan Penggalian
3CIndustri Pengolahan
4DPengadaan Listrik, gas, Uap Air panas dan udara Dingin
5EPengolahan Air, Pengolahan Air Limbah, pengelolaan dan Daur Ulang Sampah, Aktifitas Remediasi
6FKontruksi
7GPerdagangan Besar dan Eceran reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor
8HPengangkutan dan pergudangan
9IPenyedia Akomodasi dan Penyedia Makan Minum
10JInformasi dan komunikasi
11KAktifitas Keuangan Administrasi
12LReal Estat
13MNotaris
14NPenyewaan Penyalur tenaga Kerja
15OAdministrasi Pemerintahan, Pertanahan dan Jaminan Sosial
16PPendidikan
17QKesehatan
18RKesenian Hiburan dan Olah Raga
19SAktifitas Desa Lainnya
20TAktifitas Rumah Tangga
21UAktifitas Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *